Pengertian teknologi informasi serta pendefisiannya menurut beberapa pakar dan Pengertian komputer hardware, software dan brainware

Pengertian teknologi informasi serta pendefisinisannya menurut beberapa paka

 

 
 
 
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Teknologi informasi jua mempunyai fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan berbagai cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau berkualitas.
 

Dari pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian teknologi yang dikemukakan oleh beberapa pakar ahli.

  1. Haag dan Keen (1996)

    Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

  2. Martin (1999)

    Pengertian teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

  3. Williams dan Sawyer (2003)

    Pengertian teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

  4. Oxford English Dictionary (OED)

    Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.

  5. ITTA (Information Technology Association of America)

    Pengertian teknologi informasi menurut ITTA adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

  6. Lucas (2000)

    Pengertian teknologi informasi menurut Lucas adalah segala bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.

  7. Mc. Keown (2001)

    Pengertian teknologi informasi menurut Mc. Keown adalah mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan, mengubah, dan juga menggunakan informasi tersebut dalam semua bentuknya.

  8. Kenneth C. Loudon (2004)

    Pengertian teknologi informasi menurut Kenneth C. Loudon adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk bisa mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam masalah ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah di proses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.

  9. Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins (2005)

    Pengertian teknologi informasi menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins adalah kombinasi dari teknologi komputer yang tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan juga menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melakukan distribusi informasi.

  10. Wikipedia

    Pengertian teknologi informasi menurut Wikipedia adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

 
 
Sumber :
 




Pengertian komputer hardware, software dan brainware
 
 
 
 
  
 
 
 
 

1. Hardware

Yang dimaksud dengan hadware adalah merupakan suatu komponen yang terdapat dalam sebuah komputer, dapat dilihat dengan cara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Beberapa contoh dari hadware adalah sebagai berikut:

  • Perangkat input (masukan), merupakan sebuah perangkat keras yang dipakai untuk memasukkan (input) dari user (pengguna) yang akan di proses oleh komputer. Misalnya seperti contoh: mouse, keybord, joystick, touchpad, ligh pen, barcode, scanner, microphone, dan lain sebagainya.
  • Perangkat proses, merupakan sebuah perangkat keras yang gunanya adalah untuk memproses masukan (input) yang sudah diberikan oleh pengguna (user). Misalnya seperti: processor.
  • Perangkat output (keluaran), merupakan sebuha perangkat keras yang gunanya adalah untuk memperlihatkan hasil yang sudah di olah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna (user). Misalnya seperti contoh: monitor, printer, speaker, proyektor, plotter, dan lain sebagainya.

2. Software (perangkat lunak)

Yang dimaksud dengan software adalah merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data komputer yang disimpan dapat berupa progam yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak dapat dipegang. Beberapa contoh software adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi: merupakan suatu perangkat lunak atau software yang memang ada dan sebagai jalur penghubung antara user (pengguna) dengan hardware (perangkat keras). Misalnya seperti: Windows, Linux, dan Mac OS
  • Software aplikasi: merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki kegunaan untuk diaplikasikan agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan user (pengguna). Misalnya seperti: Microsoft Office, Libre Office, Corel Draw, Photosop, dan lain sebagainya.

3. Brainware (pengguna)

Yang dimaksud dengan brainware adalah manusia yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya campur tangan manusia, komputer tidak akan pernah bisa dijalankan. Maka, peran brainware disini sangatlah fital agar komputer dapat digunakan dan di operasikan dengan baik oleh penggunanya.

Demikanlah penjalasan singkat mengenai pengertian hardware, software, dan brainware, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

 FYI

 

  1.  Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilakan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan serta merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
  2.  Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya. Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
  3.  Sistem Informasi Secara umum Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang- orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan menyebarkan informasi.
  4. 1. EDPS (Electronic Data Processing Systems),2. DPS (Data Processing Systems),3. DDS (Decision Support System),4. MIS (Management Information System ),5. EIS (Executive Information Systems),6. ES (Expert System)7. AIS (Accounting Information System)
  5. 1. Standard telephone lines,2. Coaxial cable,3. Fiber optics,4. Microwave systems,5. Communications satellites,6. Cellular radio and telephone.
  6. 1. Wide Area Network (WAN),2. Local Area Network (LAN),3. Metropolitan Area Network (MAN)4. Wireless Local Area Network (WLAN).
  7.  Akan Menimbulkan:1. Dampak Negatif2. Dampak PositifDalam Berbagai Aspek Kehidupan, Yaitu:1. Aspek Sosial2. Aspek Pendidikan3. Aspek Pemerintahan/ Politik4. Aspek Ekonomi
  8.  Dampak Positif  Dampak Negatif1. Kemajuan teknologi 1. Membuata bentuk komunikasi yang cepat komunikasi berubah, dapat mempermudah komunikasi antara suatu 2. Seseorang akan cenderung tempat dan tempat yang memiliki sifat lain. individualisme, 3. Mempengaruhi kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat, 4. Maraknya cyber crime, 5. Cenderung tidak cerdas secara sosial.
  9. Dampak positif  Dampak Negatif1. Informasi yang dibutuhkan 1. Mempermudahnya terjadi akan semakin cepat dan pelanggaran HAKI, mudah diakses,2. Inovasi dalam pembelajaran 2. Masalah geografis waktu dan semakin berkembang sosial ekonomis Indonesia, dengan adanya inovasi- 3. Distribusi informasi yang inovasi,3. Memungkinkan tidak merata, berkembangnya kelas 4. Bertahan berkonsentrasi virtual, dalam waktu yang singkat4. Sistem administrasi pada (short span of attention) sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar
  10.  Dampak positif  Dampak negatif1. Membuka lapangan 1. Mempermudah pekerjaan, transaksi yang2. Mempermudah dilarang, transaksi bisnis suatu 2. Mempermudah perusahaan ataupun pembobolan rekening perorangan, suatu lembaga atau3. Mempermudah perorangan yang kegiatan promosi dan mengakibatkan pemasaran suatu kerugian finansial produk. yang besar.
  11.    Dampak positif  Dampak negatif1. Membantu masyarakat dalam 1. Membuka peluang mengakses kebijakan pemerintah sehingga program terjadinya cyber crime yang dirancang dapat berjalan yang dapat merusak dengan lancar, sistem pada2. Mendukung pengelolaan ah pemerintahan. yang lebih efesien,3. Meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri,4. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.
  12.  Merupakan ketentuan yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang- Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.

 

Sumber : https://www.slideshare.net/adexwindari/pengantar-teknologi-informasi-17222756

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar